Helpmepickit – Tournament yang di nantikan banyak orang akhirnya tiba, IESF 14th Esports World Championships 2022 yang akan berlangsung di Bali.

IESF WORD CHAMPIONSHIP 2022

Kabar tersebut dikonfirmasi setelah delegasi dari Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Desra Firza Ghazfan menerima plakat upacara dari Presiden Federasi Olahraga Internasional (IESF), Vlad Marinescu, pada Rapat Umum Tahunan IESF di Eliat

Marinescu mengatakan bahwa 14th IESF Esports World Championship 2022 akan diadakan di Nusa Dua, Bali, Indonesia. Ajang esports paling bergengsi di dunia ini diikuti lebih dari sejuta peserta dengan syarat harus melewati sesi kualifikasi yang telah berjalan selama tiga bulan.
Bali tempat yang paling baik untuk mengadakan acara ini, Indonesia juga memiliki komunitas Esport yang cukup besar dan sudah lama berjalan memeriahkan acara ini.

Indonesia mengirimkan beberapa perwakilan ke IESF Ordinary General Assembly, yaitu Desra yang bertindak sebagai Ketua Komisi Olahraga dan Lingkungan NOC Indonesia, Eddy Lim, Ketua IESPA, Diana Sutrisno, Wakil Ketua IESPA, dan Dewan Pembina IESPA. PB Esports Indonesia Ibnu Riza pradipto.

Kualifikasi IESF 14th Esports World Championships 2022

Setelah menunggu lama, IESF akhirnya mengumumkan judul game yang dimaksud. Turnamen Kejuaraan Dunia IESF 2022 akan berlangsung pada bulan November. Event ke-14 ini memulai fase kualifikasinya. Uniknya, turnamen ini dikabarkan memiliki 100 negara atau 1 juta pemain esports yang siap bertanding di Bali. Turnamen ini berpeluang menarik minat banyak orang dan membuka akses pariwisata Indonesia.Untuk kualifikasi sendiri akan dilakukan di lebih dari 100 negara para calon peserta.

Meski demikian, para calon peserta harus melalui tahap kualifikasi terlebih dahulu sebelum dianggap layak mewakili negaranya di IESF World Championship 2022 mendatang. Dengan diumumkannya judul-judul game tersebut, seluruh federasi eSports di masing-masing negara dapat memulai proses kualifikasi. Negara-negara Asia Tenggara juga semakin disibukkan dengan hal ini karena harus menyiapkan tim eSports untuk Hanoi SEA Games 2021 mendatang.

Judul Game di IESF World Championship 2022

Melalui akun Twitter resmi IESF, diumumkan 6 judul game yang akan dipertandingkan di turnamen besar internasional nanti. Game yang dipilih dibagi menjadi beberapa platform yang berisi 2 game di setiap platform seperti PC, konsol, dan seluler.

Total ada 6 game yang akan di pertandingkan, yaitu :

Counter-Strike: Global Offensive
Dota 2
eFootball™️
TEKKEN 7
Mobile Legends: Bang Bang
PUBG Mobile

Menariknya, turnamen kali ini tidak didominasi oleh game mobile. Hanya dua game yang akan dimainkan, yaitu Mobile Legends dan PUBG Mobile. Free Fire yang aktif di kawasan Asia Tenggara dan Amerika Latin juga tidak diikutsertakan dalam turnamen ini. Faktanya, tidak ada fokus pada game seluler di Kejuaraan Dunia IESF 2021 di Israel juga.

Baca Juga : Hadirkan Fitur Terbaru, PUBG Mobile X Jujutsu Kaisen

Sekretaris Jenderal IESF Boban Totovski juga mengomentari Piala Dunia 2022 dan menjanjikan kehadiran turnamen wanita CS:GO pertama tahun ini. “Penambahan enam gelar spektakuler ini ke WEC 2022 mendukung misi kami untuk menyatukan dan memelihara keluarga esports global.

Kami sangat berterima kasih atas kerjasama yang berkelanjutan dengan developer game, penambahan dua judul game mobile baru, serta hadirnya turnamen CS:GO wanita pertama di tahun ini,” ujar Boban.

By admin