Jakarta – Kabar kali ini datang dari konsol nex-gen dari Sony yaitu PlayStation 5, yang di kabarkan masih memiliki tingkat kelangakaan yang tinggi di pasaran. Sejak dirilis, salah satu hal yang masih dialami konsol PS5 adalah masalah kelangkaan. Hal ini membuat banyak gamer yang harus mengantri untuk mendapatkan konsol PS5. Penyebab kelangkaan tersebut dilaporkan karena keterbatasan hardware yang membuat produksi terhambat. Alhasil, Sony pun meluncurkan Plan B dengan memproduksi kembali produksi PS4 untuk mengisi kekurangan konsol PS5. Saat masa pandemi seperti ini yang membuat bahan bakunya seperti microchip membuat barang elektronik seperti Handphone, Playstation 5, dan juga VGA. Teknologi bahan baku ini yang membuat tingkat kelangkaan PS5 semakin tinggi, perikiraan stoknya pun menipis.
Seperti yang diketahui banyak oknum yang memanfaatkan kelangkaan bahan baku tersebut untuk menyimpan atau menimbun bahan bakunya, berbagai cara yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut sampai akhirnya mereka bisa mendapatkan stok konsol Playstation 5 ini.

Bagaimana Cara Sony Menghadapi Masalah Tersebut

Perusahaan besar seperti Sony sadar akan masalah tersebut, mengingat juga masa aktif dari konsol generasi sebelumnya yaitu Playstation 4 yang dijadwalkan akan berakhir produksi pada tahun 2021, sekarang akan di perpanjang menjadi tahun 2023. Mengapa diperpanjang, sebab untuk menghindari kerugian yang dialami Playstation 5 karena tidak cukup memenuhi permintaan dari pada costumernya dikarenakan stok yang masih menipis.

Baca Juga : Game Terbaru Tahun 2022

Setelah dirilisnya konsol next-gen ini mau tidak mau pihak Sony sendiri mendorong masa aktif konsol generasi sebelumya yaitu Playstation 4 dan umur Playstation sendiri sudah lebih dari satu tahun.
Kelangkaan Playstation 5 ini membuat perusahaan Sony terus memperpanjang umur dari Playstation 4, dia melakukan dengan cara memproduksi lebih banyak lagi konsol current gen ini.

Produksi Ulang Secara Masal Oleh Sony

Dikutip dari salah satu pihaknya yaitu Bloomberg, Sony sendiri dikabarkan sedang memproduksi secara masal bukan hanya itu diperkiraan produksinya mencapai lebih dari 1 juta unit Playstation 4 untuk menutup kelangkaan Playstation 5 yang kini masih sangat langka.
Kelangkaan PS5 dilaporkan karena defisit perangkat keras yang menghambat produksi. Apalagi dengan adanya pandemi Covid-19 yang masih berlanjut, sehingga sulit diprediksi kapan kelangkaan konsol akan berakhir.

Meski masih terbilang langka, konsol PS5 nyatanya tetap menjadi konsol next-gen dengan penjualan paling sukses dibandingkan sejumlah platform rival seperti Xbox dan Nintendo. Hingga September 2021, tercatat konsol PS5 telah terjual 13,3 juta unit. Angka ini juga diperkirakan akan terus meningkat, terutama saat produksi kembali normal.

 

By admin